Minggu, 07 Maret 2010

Lalapan Atasi Bau Mulut

Bau mulut kerap menjadi masalah bagi orang yang sedang beribadah. Sebagian besar dari mereka yang puasa memilih menutup mulut atau menjaga jarak saat berbicara dengan lawan bicaranya. Ternyata untuk mengurangi bau mulut bukan saja menyikat gigi seusai sahur,tetapi juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka. Ada banyak bakteri di dalam mulut kita,dan sebagian besar mencerna protein sehingga menimbulkan senyawa yang mengandung belerang. Senyawa itu yang mudah menguap dan menimbulkan bau mulut.

Cara agar mulut tidak bau saat puasa yaitu dengan cara memperbanyak makan sayur dan buah saat sahur. Hindari makan sayur bersantan,dan perbanyak lalapan segar. Makan ikan jauh lebih baik ketimbang makan daging sapi atau daging ayam. Karena protein daging ikan menghasilkan belerang menguap yang paling minimal ketika dicerna bakteri dalam mulut.

Bau mulut juga timbul jika ada infeksi di organ dalam,seperti di tenggorokan dan lambung. Kita seharusnya memperhatikan makanan yang kita konsumsi saat berpuasa agar tidak bau mulut,dan sikat gigilah saat mlm hari dan setelah makan sahur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar