Rabu, 07 Oktober 2009

Teluk Jakarta


SDA (Sumber Daya Alam)

di Pinggiran Teluk Jakarta


Pengertian

Teluk Jakarta adalah sebuah teluk di perairan laut Jawa yang terletak di sebelah utara provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Di teluk ini, bermuara 13 sungai yang membelah kota Jakarta.

Teluk Jakarta yang luasnya sekitar 514 km2 ini merupakan wilayah perairan dangkal dengan kedalaman rata-rata mencapai 15 meter. Kepulauan Seribu yang terdiri atas 108 pulau adalah gugusan kepulauan yang berada di Teluk Jakarta.

Namun ternyata pemanfaatan teluk Jakarta tidak sesuai dengan tempatnya,kondisi yg seharusnya teluk Jakarta itu indah dan bersih sekarang berbalik menjadi jelek dan kotor.Bermacam-macam pencemaran ada disitu yg mengakibatkan kerugian bagi masyarakat yang hidup disekitar pinggiran teluk Jakarta dan lebih penting lagi bagi masyarakat Jakarta.Di bawah ini akan saya utarakan semua pencemaran yang ada dipinggiran teluk Jakarta.


Permasalahan

Sampah

Sampah di teluk Jakarta tak sekadar berserakan, tapi teronggok-onggok tidak karuan. Tidak hanya di daratan, tapi juga sampai banyak yang berenang-renang di dalam air.

Menurut catatan, dalam kurun 10 tahun terakhir ini di teluk jakarta tersebut memikul beban polusi akibat banyaknya sampah dan limbah yang 90 persennya berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sementara itu, dalam berita di Liputan 6 SCTV 14 Mei 2006 disebutkan bahwa beban sampah yang masuk ke Teluk Jakarta sekitar 500 ribu ton/tahun atau setara dengan 1370 ton/hari.

Menumpuknya sampah di kawasan itu juga diakibatkan oleh perilaku masyarakat di Jakarta dan sekitarnya yang dengan seenaknya membuang sampah ke sungai. Kesadaran masyarakat yang rendah ini mengakibatkan hampir seluruh sungai yang melintas di Jakarta menjadi semacam “tempat sampah”. Apabila kita melintas di pinggir sungai-sungai itu, kita akan menyaksikan bagaimana masyarakat dengan tanpa rasa bersalah membuang limbah rumah tangganya ke dalam sungai tersebut

Limbah

Pencemaran laut di kawasan teluk Jakara saat ini masih sangat tinggi. Air di kawasan itu mengandung logam berat (timbel dan catmium), yang kandungannya jauh di atas nilai ambang batas (standar baku). Kondisi inilah yang menyebabkan matinya ribuan ikan di teluk Jakarta beberapa waktu lalu. Dan membuat warna air laut menjadi hitam pekat.

Kondisi standar yang diperkenangkan adalah 0,01 ppm (part per million) Pb (timbel) dan Cd (cadmium). Namun, di perairan sejauh 40 meter dari pinggir pantai, kadar Pb mencapai 55 kali lipat lebih besar (0,55 ppm) dan kadar Cd mencapai 10 kali lipat (0,1 ppm).

Mengingat sumber-sumber limbah di perairan laut sangat banyak seperti limbah muara sungai, sisa kegiatan kapal, serta limbah industri,juga akibat kegiatan pembuangan minyak dari perusahaan pengeboran lepas pantai.


Dampak dari permasalahan

Pencemaran berat yang melanda Teluk Jakarta membuat terumbu karang di perairan ini hanya tersisa 2%. Kepala Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Suharsono mengatakan tingkat pencemaran Teluk Jakarta sudah sangat berat. "Akibatnya, terumbu karang yang tersisa tidak bisa lagi ditingkatkan," katanya.

Ganggang menjadi tempat berkembang plankton-plankton yang menjadi
sumber utama makanan ikan laut. Akibatnya, plankton-plankton
tercemar, sehingga ikan yang mengkonsumsinya pun ikut terkontaminasi
dan akhirnya mati. Kalau ikan yang telah terkontaminasi itu
dikonsumsi, orang yang bersangkutan mengalami gangguan pada bagian
saraf.


Rekomendasi dan Saran

Sudah saatnya pemerintah DKI Jakarta menerapkan teknologi monitoring terpadu yang dapat melacak perubahan lingkungan laut Teluk Jakarta dan sekitarnya sedini mungkin. Menghimbau kepada kawasan industri yang berada di pinggir pantai,untuk menetralisasikan limbahnya.Kemudian mulailah menanam mangrove di pinggiran teluk Jakarta yg kian lama makin menipis. Melakukan seminar yang berkaitan lingkungan,agar masyarakat sadar apa ati pentingnya lingkungan?.


Sumber Refrensi

  • Wikipedia.com

  • oseanografi.wordpress.com

  • www.kompas.com

  • Harian Media Indonesia

  • SUARA PEMBARUAN DAILY


http://www.scribd.com/full/20786120?access_key=key-25nfhwpnv9l10dseuyru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar