Senin, 28 Desember 2009

Keju seabad masih enak

Keju umur seabad tapi masih segar? Begitulah keadaan dua bungkus keju yang ditemukan di gubuk yang dihuni penjelajah asal inggris, Robert falcon scott, pecan lalu. Maklum saja. Gubuk itu berada di daerah antartika alias kutub selatan, yang suhunya luar biasa dingin. Keju itu berada di dalam tas yang dicantelkan didinding dalam gubuk.

Penemu makanan itu adalah sejumlah pegiat pelestarian lingkungan asal Selandia Baru yang melakukan perjalanan kekawasan tersebut. Makanan itu bagian dari bekal hidup Robert Falcon Scott yang melakukan ekspedisi ke antartika pada 1910-1912. Ia dan empat kawanya menggunakan gubuk yang terletak di Cape Evans sebagai basis untuk menuju titik kutub selatan. Mereka berlima berhasil mencapai titik kutub pada 17 Januari 1912. Namun mereka semua tewas dalam perjalanan kembali ke gubuk tersebut.

Sayang sekali mereka meninggal di saat perjalanan pulang,ini menjadi pengalaman bagi orang yang berpetualang, bahwa harus membawa cadangan makanan saat berpetualang. Dan keju itu mungkin sudah tidak layak lagi di makan,tetapi dapat membantu di saat situasi terdesak.

Referensi: warta kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar